Senin, 30 Juli 2012

Pengertian Php dan CI (CodeIgniter)

Pengertian PHP :
PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor (Personal Home Page), adalah sebuah bahasa scripting yang bundel dengan HTML, yang dijalankan disisi server. Sebagian besar perintahnya berasal dari bahasa C, java dan Perl dengan beberapa tambahan fungsi khusus PHP. Bahasa ini memungkinkan para pembuat aplikasi web menyajikan halaman HTML dinamis dan interaktif denga cepat dan mudah, yang dihasilkan di server.



Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain :
  • Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam pernggunaanya.
  • Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah sebuah scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalakan perintah-perintah system.
  • Web server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana-mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
Referensi : http://rafikartikasarigunawan.blogspot.com/2012/07/apa-itu-php.html



Pengertian Code Igniter:
CodeIgniter merupakan sebuah framework berbasis PHP yang dapat membantu developer dalam pengembangan aplikasi web berbasis PHP dibandingkan jika harus menulis semua code dari awal.
Adapun beberapa keuntungan menggunakan codeigniter, diantaranya yaitu: 
  • Free of Charge – GratisLisensi CodeIgniter adalah lisensi Apache/BSD style open source license, yang berarti kita dapat menggunakannya secara gratis sesuai kebutuhan kita.
  • Kompatibel dengan PHP 4.0 maupun PHP 5.0PHP sekarang sudah memasuki release versi ke 5. Sedangka banyak webhosting ataupun developer web yang mengembangkan aplikasinya menggunakan PHP 4.0. Disinilah keunggulan CodeIgniter yang mampu mensupport pengembang yang masih menggunakan PHP versi 4.0. Namun juga tetap powerful walau digunakan bersama PHP 5.0.
  • Lighweight – Ringan dan cepatSecara default, saat CodeIgniter berjalan hanya akan me-load beberapa library saja. Untuk library-library lain bisa di load sesuai kebutuhan. Hal ini berarti penggunaan resource yang sedikit sehingga aplikasi akan terasa ringan dan cepat.
  • Prinsip Model-View-ControllerKita bebas berekspresi dalam style kita. Tapi bagaimanapun, CodeIgniter mendukung pengembangan web dengan metode Model View Controller (MVC). Sebagai penjelasan, MVC memisahkan bagian bussiness logic (logika program) dan tampilan (view) dalam sebuah aplikasi. Hal ini sangat memudahkan tim dalam proses maintenance sebuah aplikasi, karena tugas bisa lebih mudah dibagi-bagi. Ada bagian yang khusus membuat tampilan dan bagian yang membuat core programnya.
  • Dokumentasi yang LengkapSalah satu hal yang bisa dijadikan barometer apakah sebuah aplikasi benar-benar dikembangkan atau tidak bisa dilihat dari dokumentasinya. Dalam hal ini CodeIgniter sangat luar biasa, terdapat dokumentasi yang sangat lengkap tentang semua hal yang ada dalam CodeIgniter. Mulai dari langkah instalasi sampai dokumentasi fungsi-fungsi nya tersedia. Adanya dokumentasi sangat memudahkan bagi pemula dalam mempelajari lingkungan pengembangan website dengan CodeIgniter.
  • Pustaka yang lengkapCodeIgniter dilengkapi dengan berbagai pustaka siap pakai untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja koneksi database, email, session dan cookies, keamanan, manipulasi gambar dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar